koneksi antar materi topik 2 Filosofi Pendidikan
Pemikiran KHD mengenai Pendidikan dan Pengajaran
“pendidikan dan pengajaran merupakan usaha
persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam
hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”
kodrat alam dan kodra zaman
Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam
dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan
dimana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”.
KHD mengingatkan pendidik bahwa pendidikan anak sejatinya menuntut anak
mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zaman.
Budi pekerti
Budi pekerti,
atau watak karakter merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan
kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Budi pekerti juga dapat
diartikan sebagai perpaduan antara cipta (kognitif), karsa (afektif) sehingga
menciptakan karya (psikomotorik).
System among
KHD
mengenalkan system among sebagi suatu metode pendidikan yang menekankan pada
proses pembelajaran yang dikenal dengan Ing Ngarso Sung Tolodho, Ing Madyo
Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani. System among adalah metode pendidikan
yang berjiwa kekeluargaan, dengan kasih saying dan kodrat alam yang didalamnya
terdapat cara-cara dalam mendidik anak. Alat pembelajarannya berupa perhatian
untuk tumbuhnya lahir dan batin anak.
Refleksi
pendidikan berdasarkan pemikiran KHD topik 2
Yang saya
pahami tentang peserta didik dan pembelajaran sebelum mempelajari topik ini
adalah pembelajaran berorientasi pada guru, bukan peserta didik, belum
mempunyai inovasi yang cukup untuk merancang pembelajaran yang memerdekakan
peserta didik, peserta didik merupakan subjek pendidikan, belum percaya
terhadap kreatifitas peserta didik dalam belajar, pada proses pembelajaran
lebih banyak diisi dengan penjelasan materi.
Setelah mempelajari
topik ini,pengetahuan baru yang diperoleh:
1. Penekanan budi pekerti dalam pendidikan
2. Penjelasan lebih mendalam tentang pokok pikiran KHD
3. Hakikat system among dalam pendidikan
4. Pendidikan
dan pembelajaran mengutamakan kepentingan peserta didik dari pada yang lainnya.
Untuk menerapkan
pemikiran KHD, yang harus saya lakukan sebagai seorang guru adalah harus disiplin,
menjadi teladan bagi peserta didik, membudayakan 5S di sekolah, meningkatkan
kompetensi dalam mengajar, memotivasi peserta didik untuk meningkatkan rasa
solidaritas dan peduli antar sesama dan memberikan kebebasan kepada peserta
didik dalam mengeksplor pengetahuannya, memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.
Komentar
Posting Komentar