koneksi antar materi topik 2 Filosofi Pendidikan

 Pemikiran KHD mengenai Pendidikan dan Pengajaran

“pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”

kodrat alam dan kodra zaman

Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan dimana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”. KHD mengingatkan pendidik bahwa pendidikan anak sejatinya menuntut anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zaman.

Budi pekerti

Budi pekerti, atau watak karakter merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Budi pekerti juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara cipta (kognitif), karsa (afektif) sehingga menciptakan karya (psikomotorik).

System among

KHD mengenalkan system among sebagi suatu metode pendidikan yang menekankan pada proses pembelajaran yang dikenal dengan Ing Ngarso Sung Tolodho, Ing Madyo Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani. System among adalah metode pendidikan yang berjiwa kekeluargaan, dengan kasih saying dan kodrat alam yang didalamnya terdapat cara-cara dalam mendidik anak. Alat pembelajarannya berupa perhatian untuk tumbuhnya lahir dan batin anak.

Refleksi pendidikan berdasarkan pemikiran KHD topik 2

Yang saya pahami tentang peserta didik dan pembelajaran sebelum mempelajari topik ini adalah pembelajaran berorientasi pada guru, bukan peserta didik, belum mempunyai inovasi yang cukup untuk merancang pembelajaran yang memerdekakan peserta didik, peserta didik merupakan subjek pendidikan, belum percaya terhadap kreatifitas peserta didik dalam belajar, pada proses pembelajaran lebih banyak diisi dengan penjelasan materi.

Setelah mempelajari topik ini,pengetahuan baru yang diperoleh:

1. Penekanan budi pekerti dalam pendidikan

2. Penjelasan lebih mendalam tentang pokok pikiran KHD

3. Hakikat system among dalam pendidikan

4. Pendidikan dan pembelajaran mengutamakan kepentingan peserta didik dari pada yang lainnya.

Untuk menerapkan pemikiran KHD, yang harus saya lakukan sebagai seorang guru adalah harus disiplin, menjadi teladan bagi peserta didik, membudayakan 5S di sekolah, meningkatkan kompetensi dalam mengajar, memotivasi peserta didik untuk meningkatkan rasa solidaritas dan peduli antar sesama dan memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam mengeksplor pengetahuannya, memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2